Rabu, 13 Agustus 2014

TERTUSUK BULU BABI DI PANTAI

Landak laut atau disebut juga bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan. Pengalaman saya pada waktu itu di sore hari, saya dan teman saya main-main di bibir pantai untuk sekedar mencari spot untuk berfoto-foto, pada waktu itu kita ingin melihat sunset di pantai, sambil menunggu sunset, kami pun menelusuri karang-karang yang ada di bibir pantai yang banyak terdapat berbagai jenih hewan laut yang ada di karang-karang, seperti ikan hias, bintang laut, ulat laut, dan tentunya bulu babi atau orang disana menyebutnya “bulu panon”.
Ketika saya dan teman saya mencari bulu babi di lubang-lubang karang berusaha untuk mencongkelnya dengan batang bambu kecil, meskipun sangat keras dan susah untuk dikeluarkan, saya tidak tahu kalau hewan tersebut ternyata untuk perlindungan dirinya terhadap predator bulu babi dapat mengeluarkan berupa duri-duri kecil yang disemburkannya terhadap predator yang mengganggunya. Kebetulan, saya tidak tahu akan seperti itu, saya menariknya dari lubang dengan tangan kiri saya, ternyata bulu babi tersebut menusukan duri-duri kecil yang langsung menancap ke jari tangan saya, saat itu saya panik dan berusaha untuk mengeluarkannya, namun duri tersebut patah dan tersangkut di jari telunjuk saya dua duri dan di ujung jempol 1 duri. Saya pun meminta pertolongan kepada teman saya, kami pun panik dan malah bayak keluar darah akibat saya pencet-pencet, namun duri tersebut semakin dalam masuk ke dalam jari. Kami pun pergi ke daratan untuk meminta pertolongan, orang disana pun tidak tau harus bagaimana mencabutnya, karena sudah masuk ke dalam daging dan susah untuk di congkel, waktu itu saya coba pakai jarum pentul untuk mencuatnya, namun malah berdarah dan semakin dalam.
Lalu, teman saya menyarankan untuk di bawa ke puskesmas, meskipun jaraknya sangat jauh dari pantai kami pun berlari sampai ke rumah, bawa motor dan langsung menuju puskesmah, namun tiba disana, dokter pun mencoba untuk mengeluarkannya dengnan peralatan sederhana dan beberapa menit kemudian, dokter tersebut menyarankan untuk ke puskesmas yang satunya lagi. Kami pun menuju mantri yang peralatannya lengkap, tiba di rumah mantri, saya pun mau tidak mau harus menjalani operasi kecil, entah kemana itu duri, yang pasti sama mantri tersebut udah di cokel-cokel jari saya samapai dalam, akhirnya tangan saya di perban dan diberi obat untuk menetralisir racun yang masuk, gara-gara tertusuk tiga duri saja, saya harus bayar 75 ribu untuk operasi kecil, setelah operasi kecil itu selesai, kemudian saya dan teman saya pergi kembali ke pantai meskipun sunset sudah tidak terlihat lagi.
Buat teman-teman semua, jika terjadi hal seperti yang saya alami jangan panik, dan apabila terjadi secepatnya segera dibawa ke dokter untuk ditidak lanjuti dan diberi obat. Meskipun mengandung racun, tapi kalau kita cepat tanggap tidak akan terlambat.
Demikian cerita pengalaman saya, semoga bermanfaat... terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar